Kamis, 18 Juni 2009

film dokumenter di tanah air udah maju beluum siih ??


Film Dokumenter merupakan sebuah karya seni yang berorientasi pada Realita sebuah kehidupan. Film Dokumenter memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan karya film fiksi. Film Dokumenter lebih berpihak pada kebenaran sesuai dengan sebuah fakta yang ada.

Perkembangan Film Dokumenter di Indonesia saat ini sudah bisa dikatakan maju, hal ini juga tidak lepas dari peranan Komunitas-Komunitas Film Dokumenter.

Keberadaan Komunitas-komunitas Film Indie saat ini semakin menjamur seiring dengan kemajuan dunia teknologi dan informasi. Tidak sedikit dari mereka mempunyai program-program khusus dalam pengembangan film dokumenter, mulai dari program pemutaran film yang bertujuan untuk mendorong minat masyarakat dalam berkarya di bidang dokumenter dan meningkatkan daya apresiasi masyarakat terhadap film dokumenter tersebut.

Selain program pemutaran film, ada juga program produksi film seperti yang sudah dijalankan oleh In-Docs (Jakarta) dengan program kick start yang bertujuan untuk mengembangkan serta mengajak masyarakat luas untuk menuangkan ide mereka dan mengikuti pelatihan (workshop) serta produksi film langsung yang dibiayai oleh In-Docs.

Sebuah pesta film yang paling ditunggu-tunggu adalah sebuah Festival Film yang juga merupakan sebuah program dari beberapa Komunitas Film. Festival Film merupakan sebuah ajang untuk berkompetisi sehingga mendorong minat dan semangat para sineas dokumenter untuk menghasilkan karya film yang lebih baik. Festival Film Dikumenter (FFD) salah satu festival bergengsi yang ada di tanah air, tepatnya diselenggarakan di Jogjakarta. FFD merupakan program festival rutin dalam 1 tahun sekali,disinilah berkumpul berbagai film dokumenter dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya di tanah Jawa saja, di luar Jawa pun perkembangan film dokumenter juga semakin ramai, misalnya di kota Medan ada Komunitas Film Dokumenter yang bernama Sineas Film Dokumentary (SFD). Tidak jarang pula mereka mendapatkan penghargaan atas karya-karya filmnya.

Semoga perkembangan film dokumenter di tanah air terus berjalan karena Film Dokumenter merupakan sebuah karya seni yang berpihak pada sebuah realita dan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar