Rabu, 17 Juni 2009

mesti d tonton nii , tmand tmand ..


inii nii .. salah satu film dokumenter iang menurutku .. emm .. wewww .. kereeen !!!! ceritanya tentang seorang wanita bernama Elsie - Perempuan Kepala Keluarga dari Larantuka, NTT.

Elsie, seorang perempuan kepala keluarga dari Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Memiliki seorang anak tanpa ikatan perkawinan karena laki-laki yang menghamilinya pergi meninggalkannya begitu saja. Hanya dengan membayar denda adat, laki-laki dengan mudahnya bisa terlepas dari tanggungjawab dan pergi sesuka hati. Tinggallah Elsie sendirian yang harus berjuang menghidupi anak dan keluarganya. Beban Elsie juga bertambah berat karena mendapat tekanan dan gunjingan dari masyarakat. Status Elsie sebagai seorang ‘janda’ tanpa menikah belum bisa diterima oleh masyarakat.

Dalam video ini digambarkan bagaimana keteguhan dan perjuangan keras seorang Elsie dalam menjawab persoalan hidupnya. Ditengah tekanan adat yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang peranan utama, dia berjuang seorang diri, tanpa suami, tanpa mengeluh, tanpa putus asa.

Tahun 2001 Elsie bergabung dengan kelompok PEKKA dan aktif sebagai pengurus. Sebagai seorang kader lokal, Elsie aktif mendampingi beberapa kelompok, menjadi pengurus LKM (Lembaga Keuangan Mikro) yang mereka bentuk, mengorganisir forum wilayah dan lain-lain. Elsie telah membuktikan bahwa perempuan juga mampu untuk berbuat bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk masyarakatnya.

2 komentar:

  1. u liat dimana nih lan??
    pengen juga liat!!!!
    rada susah ya cari film2 dokumenter, apa aq yg gk ngerti yah????

    BalasHapus
  2. searching di google buu ..
    hehe ..
    keywordnya .. video dokumenter .
    donload disitu bisa kok ..
    sebentar ajja downloadnya ..

    BalasHapus